Minggu, 22 Juli 2012

PIDATO - Menjaga kebersihan lingkungan

Salah satu tugas bahasa Indonesia di SMA aku. Disuruhnya untuk buat pidato dan ini dia....


Menjaga kebersihan lingkungan


“ Om Swatyastu “

Yang Terhormat Bapak Guru Bahasa Indonesia,

Serta  teman-teman sekalian yang saya cintai,

                    Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat dan rahmat beliaulah kita dapat berkumpul bersama – sama di tempat ini dalam keadaan sehat.

                    Perlu kita sadari bawasannya lingkungan adalah tempat kita semua makhluk hidup baik tumbuhan, hewan maupun manusia menggantungkan hidup. Oleh sebab itu, kita harus sedapatnya menjaga lingkungan tempat tinggal kita dengan baik. Dengan begitu bumi tempat kita tinggal ini nantinya akan menghasilkan keuntungan bagi kita semua, bukanlah kerugian atau bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan kita ini tidak memberikan dampak negatif seperti bencana tersebut adalah menjaga kebersihan lingkungan.

             
       Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana keadaan sebuah lingkungan tersebut adalah layak untuk kita tinggali, dimana kesehatan kita sebagai manusia secara fisik dapat terjaga dengan baik. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta penghidupan yang layak dan sejahtera.

                    Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mengatasi berbagai dampak yang akan ditimbulkan jika kebersihan lingkungan tak dijaga. Seperti mencegah berbagai penyakit bermunculan, mencegah adanya bencana banjir dan lainnya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat kita mulai dari membersihkan sekolah kita tercinta ini. Apabila sekolah kita dapat terjaga kebersihannya bukan tidak tentu orang lain akan meniru apa yang kita lakukan. Dampak positif dari itupun kita dapatkan, kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita yang bersih.

Sebagai pelajar kita sebagai murid dapat melakukan beberapa cara dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti, tidak membuang sampah sembarangan melainkan pada tempat sampah yang tersedia, menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan kegiatan piket secara teratur, serta tidak menaruh kemasan jajanan pada kolong meja di kelas, hal ini dapat memicu tempat tersebut menjadi sarang nyamuk. Tentunya kita semua tidaklah menginginkan kelas kita menjadi sarang nyamuk, apalagi untuk jenis Aedes Aegypti yang dapat menimbulkan penyakit demam berdarah. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama untuk menjada kebersihan lingkungan kita.

Teman – teman sekalian,

                    Ada sebuah pepatah yang menyatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka dari itu apabila seseorang mengacuhkan atau tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang memiliki iman penuh. Saya harap kita sebagai umat manusia mampu lebih giat di dalam menjaga kebersihan lingkungan kita bersama.

                    Akhir kata saya tutup pidato ini dengan mengucapkan terimakasih untuk teman-teman sekaliah yang telah berkenaan hadir. Tidak lupa juga saya ucapkan maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati teman-teman sekalian. Pidato ini saya tutup dengan slam umat.


“Om Santih, Santih, Santih Om”






Tidak ada komentar: