Minggu, 29 Juli 2012

Mengakses Internet


MENGAKSES INTERNET

Dalam mengakses internet diperlukan beberapa perangkat penting maupun penunjang berupa selain software yaitu berupa hardware. Tanpa adanya hardware kita tidak dapat melakukan akses internet. Secara umum perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
a.       Perangkat penting :
1.        Komputer
2.        Modem
3.        Saluran telepon

b.      Perangkat keras pendukung :
1.        HUB/Switch
2.        Repeater
3.        Bridge
4.        Router

I.              Fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet.

A.    Perangkat penting

1.            Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Dalam hal ini fungsi dari computer itu sendiri adalah sebagai sarana dalam proses akses internet. Spesifikasi computer yang digunakan dalam kneki internetdangan menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah computer, semakin cepat kinerja akses intrnet, begitu pula sebaliknya. Berikut adalah Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet, antara lain:
a.         Processor
Processor
                      Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor berfungsi sebagai sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya system computer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari computer. Dengan melakukan perhitungan dan menjaankan tugas. Processor minimal untuk Pentium III adalah 500Mhz.


b.        RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Acces Memory)
       RAM atau Random Access Memory adalah berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Artinya, apabila computer dimatikan maka semua instruksi atau data yang telah disimpan di RAM akan hilang. RAM berukuran minimal 64MB.

Harddisk


c.         Harddisk
       Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk berukuran minimal 10GB






d.        VGA card
VGA Card
       VGA card merupakan perangkat keras computer yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Ukuran VGA card minimal 4MB.

e.         Monitor
Monitor
       


Monitor merupakan perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja computer.





2.       Modem

Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog. Fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi 3 jenis. Antara lain :

a.         Modem Dial Up
Dial Up - Modem
 Fungsinya untuk koneksi dial-up dengan menggunakan kabel telepon (contoh : telkomnet instan). Umumnya memiliki fungsi fax modem yang dapat digunakan juga untuk mengirim fax dari komputer. Terdapat 2 jenis modem dial up yaitu, modem internal dan modem eksternal.

b.              Modem Kabel
Modem Kabel
Modem kabel adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.





c.              Modem ADSL
ADSL modem
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.

3.    Saluran Telepon
Ilustrasi saluran telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.


B.    Perangkat pendukung

1.             HUB/Switch
HUB/Switch
 Hub merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupakan sebuah repeater elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor dan passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor.

2.             Repeater
Repeater
Repeater merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.



3.             Bridge
Repeater
Bridge merupakan perangkat lunak yang berfungsi ntuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.



4.             Router
Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini mempunyai keunggulan yaitu, selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe yang berbeda.




II.               Peran Internet Service Provider (ISP)

ISP (Internet Service Provider)
Internet Service Provider (ISP) merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan (service) hubungan ke jaringan internet.



Ø Peran ISP dalam pengaksesan internet antara lain :

·         Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
·         Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
·         Menyediakan modem untuk dial-up.
·         Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
·         Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
·         Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
·         Memberi tempat untuk homepage.
·         ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan system  antivirus untuk pelanggannya.

III.       User ID dan Password
1.      User ID
User ID atau user name merupakan serangkaian huruf yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses internet. Apabila kita sudah mendaftarkan diri ke ISP maka secara otomatis akan diberikan user ID dan password yang digunakan untuk mengakses internet.

2.      Password
Password merupakan serangkaian huruf atau angka yang merupakan sandi untuk dapat mengakses internet. Password bersifat rahasia ,sehingga kita tidak diperkenankan memberitahukanya kepada orang lain. ketika pengguna memasukkan password, maka yang terlihat pada tampilan komputer hanya berupa karakter bintang (*) sehingga tidak akan terbaca dalam bentuk angka maupun tulisan.Search engine/mesin pencari juga menyediakan kata bantu apabila user/pengguna lupa akan passwordnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mmmmmmmmmmm